SPONSOR

SPONSOR :

5 Elemen Dasar Sebuah Blog versi sahara laptop.

Sebuah Blog. sebagai prasyarat untuk berhasil, haruslah memiliki beberapa elemen dasar yang berfungsi untuk memudahkan para pengunjung atau pembaca blog tersebut. Ketika kita memilih elemen-elemen apa yang akan di ikutkan dalam blog kita, prioritaskan elemen-elemen yang ingin dilihat oleh pengunjung kita. Sebagaimana kita dapat melakukan modifikasi terhadap blog kita, maka kita pun bisa melakukan modifikasi terhadap elemen-elemen dasar ini.
Setidaknya ada 5 elemen dasar yang sudah umum ada di tiap blog yang dimiliki. Kelima elemen dasar itu adalah :

Post

Post atau lebih kita kenal dengan postingan adalah isi dari blog kita sendiri, post bisa berarti tulisan atau narasi, gambar, atau gabungan dari keduanya. Post ini mendominasi isi blog kita (blog content) dan setidaknya mencapai 75% dari isi blog kita. Blog yang kita tampilkan berdasarkan urutan waktu dan hal ini menjadikan blog kita tetap update, fresh, dan bermutu bagi pengunjung kita.

About Page

About Page adalah halaman yang berisi informasi mengenai diri kita dan juga mengenai blog kita. Biasanya di about page ini akan dijelaskan mengenai fokus atau niche dari blog kita ini. Biasanya oleh pemilik blog, About Page dijadikan tempat untuk menjelaskan disclaimer dari blog tersebut. Intinya adalah, about page menjadi sumber informasi awal untuk visitor blog kita yang ingin mengetahui mengenai blog yang sedang mereka kunjungi.

Categories

Setiap pemilik blog pasti ingin memudahkan visitornya, untuk itu disiapkan berbagai navigasi untuk visitor yang ingin berserlancar (surfing) di blog kita. Salah satunya adalah categories yaitu pengelompokan semua post yang ada dalam blog. pengkategorian ini ditujukan agar visitor bisa mudah menemukan postingan yang memiliki bahasan yang sama. Di blog www.thedollarcorner.com ini bisa didapatkan setidaknya ada 7 categories dari semua postingan yang ada.

Blogroll atau Link

Blogroll atau Link adalah list tautan blog lain yang dipasang di sidebar sebuah blog. Tautan-tautan link yang ada di blogroll berisi tautan link dari blog lain, atau website tertentu yang didapatkan dari hasil tukaran link, pemasangan link secara sukarela atau hadiah.

Subscription Options

Nah, elemen terakhir ini sangat sebenarnya optional untuk kita miliki, tetapi demi kepopuleran sebuag blog, maka subscription option tools selalu ada di setiap blog. Subscription memungkinkan pengunjung setiap kita mendapatkan update mengenai blog kita melalui email atau sms secara cepat atau ontime sesaat setelah kita melakukan posting. Hal ini juga memudahkan mereka mendapatkan bahan postingan kita tanpa harus mengunjungi blog kita.

0 comments:

Posting Komentar

Follow Me

SPONSOR :

SPONSOR

SPONSOR :

 

SaHaRa LaPTOp Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger