SPONSOR

SPONSOR :

Harddisk terbesar di dunia 1 Yottabyte, alangkah kecilnya!

Inilah gambaran hard disk terbesar di dunia…
National Security Agency (NSA) sedang membangun sebuah ruangan seluas 92.903 m2 sebagai tempat penyimpanan hardisk dengan biaya sekitar USD 2 Milyar. Rencananya tempat ini nantinya mampu menyimpan data sebesar 1 Yottabytes yang diprediksi akan terealisasi pada tahun 2015.
          
Pasti akan bertanya-tanya , berapa sih 1 Yottabytes itu? Inilah ilustrasinya:
– 1.000 Gigabytes (GB) = 1 Terabytes (TB)
– 1.000 Terabytes (TB) = 1 Petabytes (PB)
– 1.000 Petabytes (PB) = 1 Exabytes (EB)
– 1.000 Exabytes (EB) = 1 Zettabyte (ZB)
– 1.000 Zettabytes (ZB) = 1 Yottabytes (YB)
Gambaran lebih mudahnya, apabila anda mempunyai harddisk dengan kapasitas 1 TB (1000 GB), maka 1 Yottabytes sama seperti kapasitas 1.000 milyar hard disk. Pantaslah kalau diperlukan area seluas 92.903 M2 untuk hard disk dengan kapasitas sebesar itu. Luas 92.903 M2 berarti seluas kira-kira 13 lapangan sepakbola.
Gambar artist Facebook Data Center di Lulea Swedia dengan luas 27.000 M2 yang akan beroperasi pada akhir tahun 2012. Sengaja dibangun ditempat yang sangat dingin agar hard disk dapat bekerja optimal.
Sementara itu…
Unit terkecil dari semua makhluk hidup adalah sel; gen terdapat dalam setiap sel dan menentukan fungsi dari sel. Pada setiap sel terdapat inti sel yang disebut nukleus sel yang mengandung asam deoksiribonukleat (DNA) itulah yang disebut dengan gen.
Didalam gen terdapat kode genetik manusia yang diidentifikasi oleh para ahli dalam bentuk huruf dengan kode: A, T, C dan G. Sangat tidak terbayangkan oleh kita, bahwa didalam setiap DNA mengandung tiga miliar huruf-huruf ini. Seandainya dicetak dalam sebuah buku, maka DNA akan merupakan sebuah buku kode sebanyak 3000 buku dimana masing-masing buku mempunyai tebal 1000 halaman. Artinya, ada tiga juta halaman buku, dan setiap halaman mengandung 1000 huruf atau karakter. Sehingga bisa dikatakan bahwa terdapat tiga miliar karakter dalam setiap DNA. Tiga miliar karakter sama dengan 3 miliar bytes, atau 3 juta KB (Kilobytes), atau 3 ribu MB (Megabytes) atau 3 GB (Gigabytes).
Seberapa besarkah sebuah DNA? Sebuah DNA dengan tiga miliar huruf genetiknya tersimpan dalam untai-untai berukuran miskroskopik yang memiliki berat hanya satu per 200 miliar gram dan lebar hanya 1/500.000 milimeter-namun jika direnggangkan, mereka memiliki panjang sekitar dua sampai tiga meter. Saking kecilnya sebuah DNA, apabila kita mengumpulkan DNA seluruh populasi dunia saat ini yang berjumlah enam miliar orang, kumpulan semua DNA tersebut hanya akan menjadi seberat SATU BUTIR BERAS saja.
Enam miliar DNA seberat satu butir beras. Jika setiap DNA mengandung informasi senilai 3 GB, maka untuk enam miliar DNA seluruh populasi dunia senilai dengan 18 miliar GB. Delapan belas miliar GB sama dengan 18 juta TB, dan itu hanya seberat satu butir beras!
Nah sekarang bisa diperbandingkan antara hard disk terbesar didunia dengan kapasitas penyimpanan dari DNA dengan ilustrasi sebagai berikut:
‘Sebutir beras’ DNA mempunyai kapasitas 18.000.000 Terabytes, sedangkan hard disk terbesar didunia yang sedang dibangun mempunyai kapasitas 1 Yottabytes, sehingga jumlah ‘butir beras’ DNA untuk menyamai kapasitas hard disk tersebut adalah:
(1 Yottabytes = 1000 Milyar Terabytes) / 18 Juta Terabytes = 55.555 ‘butir beras’ DNA
Dari suatu peneliltian bahwa 1 KG beras berisi kurang lebih sebanyak 50.000 butir beras. Sehingga berat ‘butir beras’ DNA yang berjumlah 55.555 butir yang setara dengan kapasitas penyimpanan 1 Yottabytes adalah: 1.1 KG beras!
Sehingga kita bisa mengatakan, bahwa manusia memerlukan lahan seluas 92.903 M2 untuk dapat menyimpan data sebanyak 1 Yottabytes yang sama dengan kapasitas penyimpanan yang dikandung dalam 1.1 Kg beras DNA.
Perbandingan akan lebih ‘sangat tidak’ seimbang, jika kita mengatakan bahwa hard disk tersebut baru akan tercipta pada tahun 2015, sementara DNA yang didalamnya terdapat informasi gen manusia sudah ada sejak manusia diciptakan oleh Allah SWT.
Lebih mudahnya mungkin kita dapat perbandingkan kalo DNA yang mengandung 3 Gigabytes data gen, wujudnya tidak dapat terlihat oleh mata telanjang, tetapi harus dengan mikroskop atom, sedangkan USB Flash Disk kita yang mempunyai kapasitas 3 Gigabytes dapat kita tenteng kemana-mana.

0 comments:

Posting Komentar

Follow Me

SPONSOR :

SPONSOR

SPONSOR :

 

SaHaRa LaPTOp Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger