SPONSOR

SPONSOR :

Artikel Danau Kelimutu, Uniknya Danau Tiga Warna

Danau Kelimutu, Uniknya Danau Tiga Warna


Indonesia memang surganya keindahan dan keunikan dunia. Hampir di setiap pelosok bumi nusantara ini memiliki ciri khas masing-masing.Tak heran banyak orang berdecak kagum melihat keindahan bumi pertiwi. Salah satunya terletak di puncak Gunung Kelimutu, yakni Danau Kelimutu.
Danau Kelimutu terletak didalam rangkaian Taman Nasional Kelimutu. Danau yang terletak di puncak gunung ini berada di ketinggian 1.631 meter dari permukaan laut ini berlokasi di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Flores Nusa Tenggara Timur.

Danau Kelimutu pada dasarnya adalah sebuah kawah yang  terbentuk akibat letusan Gunung Kelimutu. Gunung ini terisi air hujan hingga akhirnya membentuk sebuah danau. Ada tiga kawah raksasa yang membentuk danau. Yang unik adalah masing-masing dari kawah tersebut memiliki warna air yang selalu berubah setiap tahunnya. Air danau bisa berubah dari warna hijau, merah, coklat, biru muda, serta hijau muda. Perubahan tersebut pada dasarnya adalah akibat adanya perubahan endapan mineral yang terkandung didalamnya. Hal tersebut disebabkan karena perubahan cuaca di sekitaran danau.
Keunikan warna dari Danau Kelimutu itulah yang memang menjadi daya tarik salah atu objek wisata di Pulau Flores. Kemilau warna yang dihasilkan dari danau serta keindahan panorama langit membuat danau ini layak  dijadikan primadona oleh masyarakat setempat. Selain itu, lokasi danau yang terletak di ketinggian, membuat suhu udara di daerah Danau Kelimutu ini berkisar antara 10-15 derajat dan menambah menarik kawasan Danau Kelimutu ini.
Selain keindahan alam yang membuat decak kagum siapapun yang melihatnya, danau ini juga lekat dengan legenda yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Sampai saat ini masyarakat Kelimutu percaya bahwa ada seorang dewa bernama Mae yang mengatur kehidupan alam baka. Roh-roh dari orang meninggal satu persatu akan bersemayam di danau berdasarkan catatan amal selama ia masih hidup.
Satu danau yang berwarna Hijau Toska adalah Danau Arwah Muda-Mudi atau dalam bahasa setempat Tiwu Nua Muri Kooh Fai dimana dihuni oleh roh-roh yang meninggal di usia remaja, anak-anak dan bayi. Danau ini juga satu-satunya danau yang tidak berganti warna dibandingkan dengan dua danau lainnya.
Danau lainnya adalah Danau Arwah Orang Tua atau disebut TiwuAta mBupu. Danau ini berwarna putih kehijauan, dihni oleh roh yang meninggal di usia tua. Terakhir adalah Danau Arwah Yang Ditenung atau Tiwu AtaPoTiwu AtaPolo yang berisi roh orang-orang yang selama hidupnya pernah mencuri, membunuh dan melakukan kejahatan lainnya.
Terlepas dari benar tidaknya legenda yang ada di Danau Kelimutu yang dipercaya oleh masyarakat setempat, Danau Kelimutu memang menyimpan keindahan panorama alam yang benar-benar unik dan menakjubkan. Tak heran danau ini memang menjadi tempat favorit yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Hal itu juga menjadi bukti bahwa Indonesia memang memiliki surga yang unik yang bersemayam di seluruh pelosok nusantara.

0 comments:

Poskan Komentar

Follow Me

SPONSOR :

SPONSOR

MUNGKIN YANG ANDA MINATI :

SPONSOR :

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

SaHaRa LaPTOp Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger