SPONSOR

SPONSOR :

Artikel Menikmati Indahnya Pulau Samalona


Bosan berwisata bahari di pulau yang itu itu saja? Mau mencoba mengeksplorasi kawasan lain sembari menjelajah objek-objek keren yang memiliki panorama nggak kalah indah? Coba deh berkunjung ke Makassar. Selain dikenal memiliki beragam kuliner daerah yang lezat, kota yang penduduknya terdiri atas beragam suku ini juga termashur dengan wisata baharinya. Puluhan pulau dengan selaksa keelokan seolah menantang Anda untuk segera berasyik masyuk menikmati pesonanya. Salah satu di antaranya adalah Pulau Samalona.

Pulau Samalona yang terletak di sebelah barat daya pantai barat Sulawesi Selatan ini merupakan gugusan pulau karang seluas 2,34 hektar. Pantainya yang berpasir putih nan lembut dengan airnya yang jernih dengan arus yang relatif tidak terlalu besar menjadi magnet tersendiri yang sanggup menyedot wisatawan berkunjung ke Pulau Samalona. Belum lagi keanekaragaman terumbu karang, ikan tropis dan biota laut cantik yang menjadi penghuni menambah keelokan pulau yang berada di sebelah barat Kecamatan Wajo ini. Apalagi Pulau Samalona hanya dihuni oleh sekitar 16 Kepala Keluarga saja, menjadikan pulau ini layak dijadikan tempat melepas penat.
Untuk kamu penggiat olahraga selam, selain memiliki banyak spot menarik berupa coral beraneka warna, Pulau Samalona juga dianggap sebagai surganya pecinta wreck diving. Pasalnya, banyak kapal yang karam di area pulau ini pada masa Perang Dunia II. Ada 7 spot wreck diving di sekitar pulau yang bisa dilihat dari Fort Rotterdam ini. Beberapa diantaranya adalah kapal perang Maru milik angkatan bersenjata Negara matahari terbit yang karam di kedalaman 30m, bangkai pesawat pembom Inggris, Lancaster, yang juga berada di kedalaman 30m, kapal selam pemburu milik Jepang, kapal kargo Hakko Maru buatan tahun 1917 dan kapal selam Jepang lainnya.
Penasaran sama Pulau Samalona? Gampang, cukup menyewa perahu berkapasitas 10 orang di Pantai Losari dengan bandrol antara Rp 350 ribu sampai Rp 500 ribu tergantung pintarnya Anda menawar. Kemudian butuh tambahan waktu 30 menit untuk sampai ke pulau tersebut. Meskipun bukan pulau besar, Pulau Samalona tetap memiliki daya tariknya sendiri. Keindahan alami yang ditawarkan serta keramahan penduduk Pulau Samalona membuat para pelancong betah berlama-lama di sana. Ingat! Jaga kelestarian terumbu karangnya ya, jangan diinjak-injak dan dipatahkan. Biarkan dia terus tumbuh agar bisa tetap kita nikmati.

0 comments:

Posting Komentar

Follow Me

SPONSOR :

SPONSOR

SPONSOR :

 

SaHaRa LaPTOp Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger