SPONSOR

SPONSOR :

Artikel Pasar Apung, Pasar Unik di Tanah Borneo

Pasar Apung, Pasar Unik di Tanah Borneo


Tidak semua orang mungkin akan kerasan saat berbelanja di Pasar Tradisional. Suasana yang riuh dan ramai serta becek mungkin akan menjadi pemandangan khas di pasar tradisional. Akan lebih menyenangkan dan nyaman memang jika berbelanja di Mall ataupun Supermarket.
Berbeda dengan tempat-tempat tadi, berbelanja di tempat yang satu ini mungkin akan menjadi pengalaman tersendiri yang tidak dapat dilupakan. Selain unik dan sedikit langka, belanja di tempat yang satu ini memang memiliki sensasi yang berbeda. Pasar Apung yang berada di Banjar masin memang sebuah pasar yang berada diatas air ditepian pantai. Tempat berjualan yang berada diatas kapal-kapal diatas laut memang berbeda dengan tempat lainnya.

Lebih dari sekedar pasar tradisional, Pasar Apung memang telah menjadi kebanggan masyarakat Banjarmasin. Pasar tradisional ini akan memulai operasinya pada pukul 05.00 WITA dan akan berakhir pada pukul 10.00 WITA. Untuk mencapainya pun tidak sulit, hanya berjarak 5 km dari pusat kota Banjarmasin Anda akan sampai di Pasar Apung ini.
Pedagang menjajakan barang dagangannya dengan menggunakan perahu-perahu kecil kepada calon pembeli. Beragam hasil bumi seperti sayur mayur, makanan tradisional, aneka gorengan  serta kue dan bahan pokok dijual di pasar ini. Pembeli pun dapat menelusuri pasar ini dengan “mengapung” dari satu perahu ke perahu lainnya.
Selain menyusur dari satu perahu ke perahu lain, cara lain yang juga terbilang unik terjadi di Pasar Apung ini. Saat Anda ingin membeli sebuah gorengan atau kue di satu perahu, Anda akan mengambilnya dengan menggunakan kait yang berupa sebuah tongkat kecil layaknya orang memancing. Meskipun sedikit aneh, namun hal ini menjadi ciri khas dan tradisi dari bertransaksi di Pasar Apung ini.
Pasar Apung memang memberikan banyak kesan dan sensasi tersendiri . Lebih daris ekedar tempat bertemunya penjual dan pembeli. Pasar Apung memiliki keunikan dan nilai budaya yang tinggi. Kesan luar biasa juga akan dirasa bagi siapapun yang berkunjung ke tempat ini. Pasar Apung juga sudah menjadi primadona dan ciri khas di Tanah Borneo.

0 comments:

Posting Komentar

Follow Me

SPONSOR :

SPONSOR

SPONSOR :

 

SaHaRa LaPTOp Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger