SPONSOR

SPONSOR :

Artikel Robot Penyelamat.

Kecerdasan buatan manusia memang tidak diragukan lagi, dibuktikan dengan lahirnya sistem-sistem Teknologi canggih yang dapat memudahkan manusia dalam berbagai macam tidakan. Postingan kali ini mengangkat judul “Robot Penyelamat”.

Dunia ini memang selalu di timpa bencana, baik itu Kebakaran, Tsunami, Gunung Merapi, Gempa dan banyak lagi. Oleh karena itu jika dilihat dari sisi kehidupan mederen, manusia dituntut untuk terus menciptakan sebuah teknologi baik dalam bentuk sistem pemantau gejala alam maupun sistem pasca bencana.

Salah satu dari sekian banyak peneliti, Carnegie Mellon's Robotics Lab dan Ryerson University's Network-Centric Applied Research Team, dimana sistem ini di buat untuk memudahkan tim penyelamat dalam mencari korban. Sistem ini didesain menyerupai ular yang dapat memasuki daerah yang sulit dijangkau oleh manusia.

Sistem yang disebut CARD (Canine Assisted Robot Deployment), dilengkapi dengan fitur kamera yang menyerupai seekor ular yang di lekatkan didada anjing yang telah terlatih untuk bidang ini. Anjing ini kemudian dilepaskan untuk menemukan korban selamat.

Ketika anjing menemukan korban, robot kemudian melompat keluar dari dada anjing ini dan akan bekerja dengan cara manuver jalan melalui celah-celah dan ruang-ruang kecil untuk mengirim kembali audio dan visual untuk tim penyelamat. Para peneliti robot mengatakan mereka dapat menyesuaikan sistem, sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi lapangan.

0 comments:

Posting Komentar

Follow Me

SPONSOR :

SPONSOR

SPONSOR :

 

SaHaRa LaPTOp Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger