SPONSOR

SPONSOR :

Artikel Suku Dayak Kalimantan

Suku Dayak Kalimantan


Dayak adalah sebagai penduduk asli yang mendiami pulau Kalimantan,Saya telah mengunjungi seluruh pulau Kalimantan dari Kalimantan barat, tengah, selatan dan timur, dan saya menemukan suku yang unik dan menawan, baik bahasa dengan dialek dayak yang ratusan jumlahnya dan pakaian dayak yang unik serta kebersamaan antar sesama. Saya pernah mengunjungi desa Date dan dusun Indiyak yang sangat berada di pedalaman tidak ada dipeta, berjalan kaki sampai 16 kilometer.
Saya telah bertemu dengan beberapa kepala suku Dayak di Kalimantan barat mereka sangat ramah dan menyatu dengan alam, mereka sangat bersahabat tetapi jangan coba sakiti hatinya mereka sangat menyatu dengan alam, mereka memakai kekuatan spiritual yang melampaui akal jasmani. Mereka memiliki panglima di tiap daerah, seperti panglima angin, panglima landak di daerah Kalimantan barat tepatnya kota ngabang. Juga ada panglima burung, mereka mewakili setiap kabupaten dan provinsi.

Saya pernah mewawancarai dayak berdialek Ahe ‘ bagaimana berkata “mencari sesuatu di hutan, bahasa dayaknya “nganggok a kayu dang utan”. Berbeda dengan dayak berdialek kedayan ,” Ampus Ka mane kau? Maka jawaban yang di jawab : “Aku Ampus ka daya yang berarti “ pergi ke mana kamu? Jawabannya “ saya pergi ke hulu”. Lain lagi dengan bahasa Dayak Bariton gabungan jawa dan bahasa malay.
Di daerah Dayak rumpun Sarawak Malaysia Apokayan (Kayan, Kenyah dan Bahau) sering disebut “Ulu” juga merupakan pe-melayu-an dari kata “Apokayan” itu sendiri. Sementara itu, masyarakat Dayak Kendayan setelah kedatangan Islam oleh orang luar juga sering disebut “hulu” dan diterjemahkan ke dalam mereka sendiri dengan kata “Daya”. Jadi jelas bahwa Dayak adalah istilah kolektif untuk masyarakat Dayak dari beragam budaya dan bahasa, yang hidupnya dekat dengan sungai (Sungai Budaya), hal ini karena setelah kedatangan Islam hampir semua permukiman masyarakat adat Kalimantan , yang masih asli berbudaya (Dayak) tidak banyak di pantai laut lagi (meskipun di beberapa daerah masih ada di pantai laut). Orang asing menyebut Kalimantan sebagai Borneo.

0 comments:

Posting Komentar

Follow Me

SPONSOR :

SPONSOR

SPONSOR :

 

SaHaRa LaPTOp Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger