SPONSOR

SPONSOR :

Evolusi Jaringan sahara laptop.

Evolusi Jaringan

Berikut ini adalah Perkembangan jaringan dari tahun ke tahun,tidak hanya manusia saja yang mengalami evolusi, evoluisi jaringan juga ada :). Yapz kita tahu teknologi Komputer tidak stuck tidak pernah berhenti,selalu ada terobosan baru dan perkembangan,termasuk didalam nya jaringan .

Mainframe Pada Era 1960-1970 an 
Pada tahun 1940-an komputer adalah suatu alat dengan ukuran besar yang sangat rentan  terhadap  kesalahan.  Pada  tahun  1947,  ditemukannya  transistor  semikonduktor membukan banyak kemungkingan untuk membuat komputer dengan ukuran lebih kecil dan tentunya  lebih  handal.  Pada  tahun  1950-an  institusi-institusi  besar  mulai  menggunakan komputer-komputer  mainframe,  dimana  dijalankan  dengan  program-program  punched card. Pada akhir tahun 1950-an, Integrated circuit (IC) yang mengembangkan beberapa dan sekarang jutaan, transistor pada satu semikonduktor yang kecil telah ditemukan. pada tahun 1960-an, mainframe dengan terminal dan IC telah banyak digunakan.


LAN (Local Area Network) pada era 1970-1980 an 

Pada  akhir  1960-an  dan  1970-an  komputer-komputer  yang  lebih  kecil  dengan sebutan  minikomputer  telah  diciptakan.  Walau  bagaimana-pun,  minikomputer-minikomputer masih  dalam  ukuran  yang  sangat  besar  dibanding  dengan  standar modern saat  ini.  Pada  tahun  1977,  Apple  Computer  Company  memperkenalkan  mikrokomputer, dimana  dikenal  dengan  sebutan  MAC.  Pada  tahun  1981  IBM  memperkenalkan  PC pertamanya. Mac  yang  user-friendly,  IBM  PC  yang  open-archetecture,  dan  langkah  lebih jauh dari proses "micro-minisasi" dari IC membawah penyebaran luas dari PC baik di rumah maupun di kantor-kantor. Pada masa  ini  jaringan-jaringan  local mulai dibuat dikembangkan dengan berbagai macam teknologi.

WAN (Wide Area Network) Pada Era 1980-1990 an

Pada pertengahan 1980 pengguna PC mulai menggunakan modem untuk berbagi file dengan komputer  lain. Hal  ini dikenal sebagiai point-to-point, atau komunikasi dial-up. Konsep  ini  disebar  oleh  penggunaan  komputer  yang  merupakan  pusat  dari  komunikasi dalam koneksi dial-up. Komputer-komputer ini disebut bulletin boards. Para pengguna akan terhubung ke bulletin boards, meninggalkan dan mengambil pesan sebagaimana upload dan download  file. Kekurangan dari  tipe  ini adalah  sangat  sedikitnya komunikasi  langgung dan selanjutnya  hanya  orang-orang  tertentu  yang  tahu mengenai  bulletin  board.  Pembatasan lain  dari  bulleting  board  adalah  satu modem  per  satu  koneksi.  Jika  lima  orang  terhubung secara  simultan,  hal  ini  akan  memerlukan  lima  modem  terkoneksi  ke  lima  jalur  telepon terpisah. 
 
Jumlah  orang  yang  ingin  menggunakan  sistem  ini  berkembang,  sistem  ini selanjutnya  tidak  dapat  meng-handle  kebutuhan  yang  terus  meningkat.  Sebagai  contoh, bayangkan jika 500 orang ingin terhubung dalam waktu yang bersamaan.

Internet Pada Era 1990 an

Dari  tahun  1960-an  ke  tahun  1990-an  Departemen  Pertahanan  Amerika  Serikat (DoD) mengembangkan Wide-Area Networks  (WANs) yang besar, dapat dihandalkan untuk militer dan  alasan-alasan  sains. Teknologi  ini berbeda dari  komunikasi point-to-point  yang digunakan  dalam  bulletin  boards.  Hal  ini  memungkinakan  beberapa  komputer  untuk terhubung secara bersamaan melalui beberapa jalur berbeda. Jaringan itu sendiri akan bisa membedakan  bagaimana memindahkan  data  dari  komputer  satu  ke  komputer  lain.  Satu koneksi  dapat  digunakan  untuk  berhubungan  dengan  banyak  komputer  pada  saat  yang bersamaan.  Jaringan  yang  diterapka DoD  nantinya  akan menjadi  jaringan  yang mendunia
pada saat ini yang disebut Internet.

0 comments:

Posting Komentar

Follow Me

SPONSOR :

SPONSOR

SPONSOR :

 

SaHaRa LaPTOp Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger