SPONSOR

SPONSOR :

Huawei e5830 MiFi Wireless Modem sahara laptop.

Huawei e5830 MiFi Wireless Modem ImagePada bulan lalu kami mencoba me-review modem Huawei e5832. Kali ini, kami kembali me-review tipe lain yang hampir sama yaitu Huawei Modem e5830 Wireless MiFi Modem (hanya berbeda pada angka terakhir) yang punya fitur dan kualitas yang tidak banyak berbeda pula.
Pihak huawei mengklaim kecepatan akses modem ini mencapai 384kbps dengan menggunakan akses layanan data 3G. Lebih bagus lagi kalau anda mendapat sinyal HSDPA karena kecepatan maksimum download bisa mencapai 7.2 Mbps. Tetapi, untuk operator indonesia jangan berharap terlalu banyak karena rata-rata kecepatan maksimum HSDPA operator Indonesia hanya mencapai 3.2 Mbps.
Kelebihan dari modem ini dibanding modem huawei yang kami review sebelumnya, modem ini bisa digunakan sebagai layanan SMS (mengirim dan menerima SMS) melalui akses default pada web. Jadi tidak perlu bingung lagi untu meng-install aplikasi lain seperti Mobile Partner untuk menggunakan layanan SMS. Meskipun begitu, bagi yang sudah terbiasa dengan aplikasi mobile partner, anda tetap bisa menggunakan aplikasi Mobile Partner sebagai antar muka dari modem Huawei e5830.

Huawei e5830 MiFi Wireless Modem Image
Feature lengkap dari modem ini :
  • HSUPA/HSDpa/UMTS 2100 MHz
  • EDGE/GPRS/Gsm 1900/1800/900/850 MHz
  • Automatic Equalizer and receive diversity (UMTS 2100 MHz)
  • HSDPA data acces up to 7.2 Mbps
  • Wi-Fi 802.11 b/g
  • MiFi Modem
  • Plug & Play
  • SMS Service
  • Tersedia buku manual kecil ber-Bahasa Indonesia
Instalasinya juga sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Hubungkan modem ini dengan port USB dan semua berjalan plug & play. System akan memandu anda menginstall driver dari Huawei e5830.
Huawei e5830 MiFi Wireless Modem Image
Jika anda memggunakan koneksi wireless, anda tidak perlu melakukan langkah di atas karena modem terhubung dengan komputer atau PC tidak secara langsung. Yang perlu didingat, catat terlebih dahulu nomor SSID dan Wifi-Key yang tertera pada bagian belakang modem (dibawah battery) karena informasi ini sangat berguna saat anda melakukan setting menggunakan wi-fi.
Huawei e5830 MiFi Wireless Modem Image
Secara default, media interface yang digunakan oleh modem ini adalah web. Interface web bukan hal baru yang digunakan sebagai antar muka untuk mengkonfigurasi sebuah hardware. Jangan lupa juga, modem ini juga dapat berfungsi sebagai router (Mifi Modem) yang dapat anda gunakan untuk sharing koneksi internet dengan perangkat lain  yang mendukung wireless. Selain itu, anda juga dapat menggunaknnya sebagai aplikasi untuk mengirim dan menerima SMS pada SIM Card yang anda gunakan sebagai modem. Lebih jelasnya, ikuti petunjuk di bawah ini.
Step-by-step Cara Menggunakan Huawei e5830 Wireless Modem :
Pertama, hubungkan modem dengan menggunakan kabel USB yang ada pada paket pembeliannya dan install aplikasi default (Akan keluar secara “Auto-Play” saat baru dihubungkan dengan port USB, dengan catatan anda tidak mematikan fitur Auto-Play pada windows). Yang perlu diingat juga, putuskan semua koneksi yang terhubung dengan komputer anda, baik itu LAN, wireless atau internet.
Huawei e5830 MiFi Wireless Modem Image
System akan mendeteksi modem ini sebagai perangkat jaringan yang tehubung dengan komputer.
Huawei e5830 MiFi Wireless Modem Image
Setelah itu, buka web browser (Internet Explorer atau Firefox) dan ketiikan alamat 192.168.1.1 (lengkapnya http://192.168.1.1) dan masukkan password defaault dari huawei yaitu admin.
Huawei e5830 MiFi Wireless Modem Image
Lanjutkan dengan setting Profile sesuai dengan SIM Card yang anda gunakan. Pada contoh kami menggunakan kartu im3 dari indosat dan kami sudah mengaktifkan layanan 3G di kartu GSM tersebut. Baca artikel Setting Manual GPRS & 3G  Operator Seluler Indonesia jika anda menggunakan operator seluler yang lain.
Huawei e5830 MiFi Wireless Modem Image
Isikan Profile name, Username, password, APN dan beberapa setting sesuai dengan petunjuk yang diberikan operator GSM anda.
Huawei e5830 MiFi Wireless Modem Image
Untuk setting yang lain, biarkan saja jika anda tidak begitu faham dengan settingan tersebut.
Huawei e5830 MiFi Wireless Modem Image
Sekarang, coba dial-up modem anda. Apakah setting yang anda lakukan dapat berfungsi dengan baik atau tidak. Jika web browser menunjukkan bahwa modem itu sudah terkoneksi, cobalah dengan membuka sebuah website di internet seperti Google, Bing atau yang lain.
Huawei e5830 MiFi Wireless Modem Image
Meskipun settingannya sedikit membingunkan (terutama bagi pengguna awam) karena tidak menggunaka antar muka sebuah aplikasi, modem ini sangat powefull jika digunakan sebagai media akses internet. Pilihan lainnya, anda dapat menggunakan aplikasi Mobile Partner sebagai alternatif dari setting koneksi internet di Huawei e5830. Baca artikel kami sebelumnya “Setting Mobile Partner Software pada Huawei e5832 Wireless Modem” untuk mempelajari lebih lanjut bagaimana caranya.
Selain berfungsi sebagai modem, huawei e5830 wireless modem ini juga berfugsi sebagai router yang dapat digunakan untuk sharing akses internet dengan perangkat lain yang mendukung wireless. Dengan begitu, anda dapat menggunakannya untuk membangun sebuah “Mini HotSpot” di tempat anda.

0 comments:

Posting Komentar

Follow Me

SPONSOR :

SPONSOR

SPONSOR :

 

SaHaRa LaPTOp Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger