SPONSOR

SPONSOR :

Memperbaiki Komputer Mati Total sahara laptop.

Hari ini saya memperbaiki sebuah komputer yang mati total, tidak mengeluarkan bunyi, dan tidak ada indikator apa-apa. Awalnya saya berpikir bahwa kerusakan mungkin pada power supply, karena tidak ada daya sama sekali. Komputer yang rusak ini adalah komputer Pentium 4 tetapi mainboardnya saya lupa mereknya. Komputer dengan teknologi baru seperti Dual Core, Core 2 Duo, Core 2 Quad, Core i3, Core i5 dan Core i7 mungkin tidak mengalami kerusakan seperti ini, tetapi apabila anda memiliki komputer tua seperti yang saya kerjakan hari ini, mungkin saja bisa mengalami masalah seperti ini. Mati total dan tidak ada tanda-tanda kehidupan.


Meski pada awalnya saya mencurigai kerusakan pada penyuplai daya listrik, namun setelah dalam memperbaiki komputer rusak ini, saya menggangganti dengan power supplay yang baru, ternyata hasilnya sama saja, komputer masih tetap tidak bernyawa, tidak mengeluarkan indikator berupa bunyi atau led (lampu). Apa dan dimana letak kerusakan sehingga komputer tetap mati meski sudah saya ganti dengan power supply yang baru.

Setelah berusaha mengganti power supply, dan ternyata tidak bisa menyelesaikan masalah, akhirnya saya mencoba mengganti memori dengan memori yang lain (memori bekas tapi kondisi baik), hasilnya juga ternyata tidak bisa membuahkan hasil. Komputer tetap saja mati.

Langkah berikutnya saya mencoba mereset BIOS, pengalaman saya selama ini, salah satu langkah untuk memperbaiki komputer bermasalah seperti layar monitor blank, komputer sering restart, komputer hange dan beberapa kejadian bisa diatasi dengan mereset BIOS. Setelah mereset BIOS kemudian mencoba hidupkan komputer, ternyata komputer kemudian hidup seperti biasa, normal kembali.

Langkah selanjutnya tentu saya mencoba mengembalikan power supply yang asli (sebelum diganti) dan juga memori. Setelah diganti ternyata komputer tetap hidup, ini berarti bahwa komputer tersebut tidak mengalami kerusakan, mungkin hanya BIOS sedikit mengalami masalah.

Jadi kesimpulannya bahwa, apabila menemukan komputer yang rusak seperti yang saya uraikan di atas, jangan cepat-cepat mengganti perangkat dengan perangkat yang baru, cobalah dengan mereset BIOS terlebih dahulu, mungkin saja dengan mereset BIOS, komputer yang rusak bisa kembali normal tanpa harus mengganti perangkat keras baru.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pengunjung blog Belajar Ilmu Komputer dan bisa menjadikan pengunjung blog Belajar Ilmu Komputer menjadi seorang teknisi komputer yang handal.

0 comments:

Posting Komentar

Follow Me

SPONSOR :

SPONSOR

SPONSOR :

 

SaHaRa LaPTOp Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger