SPONSOR

SPONSOR :

Penjelasan Mengenai Linux dan Kelebihannya sahara laptop.

Linux adalah sistem operasi berbasis Unix yang dibuat oleh Linus Torvalds, dikembangkan oleh GNU General Public License. Linux bersifat open-source atau bebas digunakan atau didownload oleh pengguna komputer diseluruh dunia atau juga disebut dengan istilah FOSS (Free / Open Source Software). Beberapa keunggulan dari Linux antara lain:

Bersifat Free atau Open-Source

Berbeda dengan Sistem operasi Windows yang bersifat komersial, sistem operasi Linux bersifat gratis tanpa memerlukan serial key/ keygen sehingga anda tidak perlu takut terkena razia software terlebih bagi perusahaan-perusahaan.

Security Lebih Tangguh

Sistem keamanan pada Linux lebih baik dari Windows. Sebagian besar virus komputer tidak bisa menyerang sistem operasi Linux. Selain itu Linux menjalankan proses / perintah akses lebih baik daripada Windows.

Maintenance Yang Minimal

Linux tidak memerlukan banyak maintenance seperti halnya Windows. Linux tidak memerlukan fasilitas defragment dsb.

Komunitas Yang Solid

Linux memiliki komunitas yang solid di dunia maya dengan keinginan untuk saling berbagi tips, masukan, ide dan kreativitas satu sama lainnya dengan kemampuan untuk memecahkan masalah yang baik.

Minim Crash dan Error

Sistem operasi Linux sangat jarang terjadi Crash atau error seperti halnya Windows. Linux tidak dapat membuat sistem anda unusable seperti yang sering di temukan di Windows. Program yang dijalankan diatas Linux sangat stabil.

Dukungan Format File

Linux dapat membaca beratus atau banyak jenis format file seperti halnya Windows. Bila anda selalu menggunakan software kantor seperti Microsoft Office, maka dapat menggunakan software lain sejenisnya yaitu Open Office.

Sistem Operasi Pada SuperComputer

Sebagian besar superComputer menggunakan Linux sebagai sistem operasi mereka karena kestabilan dan performanya yang sangat baik.

Selain keunggulan diatas, beberapa keunggulan lainnya pada Linux yaitu:

  • Pengguna mempunyai kebebasan dan hak untuk memodifikasi apapun yang terdapat pada Linux asalkan tetap mencantumkan kode Linux sebagai identifikasinya.
  • Linux memberikan aplikasi seperti pendidikan, aplikasi, multimedia gratis yang tidak digratiskan pada sistem operasi Windows.
  • Pengguna tidak akan mengalami Vendor Lock-In pada sistem operasi Linux.
  • Linux mempunyai kemampuan untuk menjalankan sistem 32 bit dan 64 bit seperti halnya Windows namun pada Windows lebih umum menggunakan 32 bit.
  • Linux tidak perlu melakukan booting paksa setelah proses-proses tertentu selesai dijalankan seperti halnya Windows setiap kali selesai melakukan system update dsb.
  • Linux meninstal secara otomatis file pada harddisc logic dan tidak dibatasi oleh partisi utama.
  • Kualitas audio  visual tidak dioptimasikan sehingga lebih memiliki kualitas yang maksimal ketimbang Windows yang telah melakan proses artificially pada file-file tersebut.
  • Anda tidak akan menemui problem atau eror pada system seperti rundll, registry, system32 dan sejenisnya karena sistem operasi Linux tidak menggunakan semua itu.
  • Salah satu badan dibidang sekuriti dan anti spammer, Project Honeypot mendapati bahwa sistem operasi Linux Server yang unpatched memiliki kemampuan internet security yang lebih baik dibandingkan dengan Windows yang telah dipatch update.
  • Hampir semua virus komputer tidak dapat menyerang Linux karena hanya sedikit orang yang memahami scripting yang digunakan pada sistem operasi Linux. Umumnya jauh lebih mudah untuk mempelajari sistem arsitektur pada Windows sehingga banyak pembuat virus lebih memilih untuk menyerang Windows.
  • Scripting untuk Administrator sangat tangguh dan aman. Sistem operasi Linux dapat membuat multi-user hingga ratusan akun pada satu sistem sedangkan pada Windows hal seperti ini memerlukan lisensi ekstra yang dihitung per-user.
  • Linux dapat menghapus spam dengan gratis. Pada sistem operasi Windows, seperti halnya Symante, MessageLab dsb diperlukan untuk membayar sekitar $25-35 per-akun mailbox untuk menangani masalah email spam.
  • Fitur Distro Linux menjadi salah satu daya tarik dari Linux yang tidak dimiliki oleh Windows. Anda dapat membuat distro linux dengan nama anda sendiri dan mendistribusikannya kepada semua orang tanpa hal-hal yang menyulitkan.
  • Linux dapat dijalankan secara portable tanpa harus melakukan instalasi yang rumit seperti halnya Windows. Dan Linux yang dijalankan melalui CD/DVD tidak akan mempengaruhi file-file dan sistem yang telah ada pada harddisk saat ini.
  • Sebagai pengguna internet tentunya anda tahu mengenai TCP / IP. Bila tidak, anda dapat membaca artikel sebelumnya mengenai Sejarah Perkembangan Internet. TCP / IP yang merupakan basis internet dibuat dengan UNIX (Linux). Linux memiliki kapasitas yang lebih besar untuk kepentingan seperti file print server, remote access, VPN server, intranet server, mail server, web server, database server, FTP server dll.
  • Pengguna tidak akan terhambat oleh masalah legacy application yang disebabkan oleh tutupnya vendor/provider yang tidak lagi melakukan update versi aplikasi.
  • Vendor-vendor hardware seperti ASUS akan memberikan embedding pada brand Linux di silikon untuk komputer generasi berikutnya yang akan identik dengan kecepatan performa suatu komputer. Pada hal ini tidak dapat dilakukan pada INTEL karena embedding brand seperti itu tidaklah gratis.
Demikianlah Penjelasan Mengenai Linux dan Kelebihannya. Semoga bermanfaat :-)

0 comments:

Poskan Komentar

Follow Me

SPONSOR :

SPONSOR

MUNGKIN YANG ANDA MINATI :

SPONSOR :

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

SaHaRa LaPTOp Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger