SPONSOR

SPONSOR :

Sekilas Tentang Penyakit Asma sahara laptop.

Penyakit asma adalah penyakit yang terjadi akibat adanya penyempitan saluran pernapasan sementara waktu sehingga sulit bernapas. Asma terjadi ketika ada kepekaan yang meningkat terhadap rangsangan dari lingkungan sebagai pemicunya. Diantaranya adalah dikarenakan gangguan emosi, kelelahan jasmani, perubahan cuaca, temperatur, debu, asap, bau-bauan yang merangsang, infeksi saluran napas, faktor makanan dan reaksi alergi.
Terjadinya Serangan Asma
Proses terjadinya serangan asma yaitu bermula pada kejadian dimana otot polos dari bronki mengalami kejang-kejang dan jaringan yang melapisi saluran udara mengalami pembengkakan karena adanya peradangan (inflamasi) dan pelepasan lendir ke dalam saluran udara. Hal ini mengakibatkan diameter saluran udara mengecil (disebut bronkokonstriksi) dan dengan menyempitnya diameter saluran udara tersebut penderita harus berusaha keras supaya dapat bernafas.

Sel-sel tertentu di dalam saluran udara (terutama sel mast) diduga bertanggungjawab terhadap awal mula terjadinya penyempitan ini. Sel mast di sepanjang bronki melepaskan bahan seperti histamin dan leukotrien yang menyebabkan terjadinya kontraksi otot polos, peningkatan pembentukan lendir, dan perpindahan sel darah putih tertentu ke bronki. Sel mast mengeluarkan bahan tersebut sebagai respon terhadap sesuatu yang mereka kenal sebagai benda asing (alergen), seperti serbuk sari, debu halus yang terdapat di dalam rumah atau bulu binatang.


Tetapi asma juga bisa terjadi pada beberapa orang yang tidak mengalami alergi tertentu. Reaksi yang sama terjadi jika orang tersebut melakukan olah raga atau berada dalam cuaca dingin. Stres dan kecemasan juga bisa memicu dilepaskannya histamin dan leukotrien. Sel lainnya (eosnofil) yang ditemukan di dalam saluran udara penderita asma melepaskan bahan lainnya (juga leukotrien), yang juga menyebabkan penyempitan saluran udara.

Gejala yang sering timbul antara lain :
  • Pilek, bersin, batuk, disertai gatal tenggorokan yang sulit dikendalikan
  • Sesak napas yang disertai dengan kesulitan waktu mengeluarkan udara ditambah dengan keluarnya bunyi-bunyian (mengi), berkeringat dingin, denyut nadi meningkat
  • Bila melakukan olah raga yang terlalu berat atau melakukan aktifitas yang menimbulkan kelelahan akan menyebabkan batuk-batuk.
  • Bila terjadi serangan asma yang cukup berat, akan terjadi sianosis (kebiruan di sekitar mulut)

Pengobatan dengan Herbal

Di bawah ini terdapat beberapa resep dari ramuan herbal yang dapat Anda coba. Lakukan secara teratur 2 kali sehari
  • 15 gram bunga kenop segar direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.
  • 30 gram akar putri malu rebus bersama dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.
  • Lobak putih secukupnya dijus hingga tertampung 1 mangkok, lalu ditim dan diminum.
  • 15 gram bunga melati direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat
  • 60 gram rumput jukut pendul direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian air rebusannya diminum selagi hangat
  • 15 gram bunga melati dan 15 gram jahe direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat sebanyak 1/2 gelas

0 comments:

Poskan Komentar

Follow Me

SPONSOR :

SPONSOR

MUNGKIN YANG ANDA MINATI :

SPONSOR :

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

SaHaRa LaPTOp Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger