SPONSOR

SPONSOR :

5 Cara Mencegah Spam Pada Email Anda sahara laptop.

Sebagai pengguna email tentunya sudah tidak asing lagi (atau mungkin bosan) dengan kiriman email spam. Spam mail atau email spam adalah email yang berisi pesan-pesan yang tidak berhubungan yang umumnya berisi iklan promosi dll. Terkadang email spam tersebut dapat berjumlah sangat banyak sehingga cukup merepotkan untuk menghapus mereka setiap hari terlebih karena email mereka digabung dengan email asli kita.
Pada tulisan ini akan dibahas 5 cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah atau setidaknya meminimalisir masuknya email spam ke dalam inbox anda.

Settingan Pada Outlook Express

Bila anda menggunakan software outlook express untuk menerima email, maka anda dapat mengendalikan alamat pengirim email spam yang menjadi ‘langganan’ anda. Cara untuk menggunakan fitur ini dapat anda baca pada tulisan lain mengenai Cara Memblokir Email Spam Pada Outlook Express

Gunakan [at] daripada @ Pada Kontak Email

Bila anda adalah pengguna internet aktif tentunya tidak asing lagi dengan kegiatan forum posting, blog, game, daftar berbagai layanan, promosi dll. Usahakan agar pada saat mengetikkan alamat email anda dengan menggunakan tanda [at] sebagai pengganti @. Sebagai contoh: alamat[at]yahoo.com atau alamat[at]yahoo[dot]com
Hal tersebut dapat mencegah alamat email anda yang menjadi sasaran dari software email harvester atau software spamming yang umumnya mengumpulkan data kontak secara acak dari situs-situs di internet.

Fitur Mail Guard Pada Yahoo / Gmail

 Anda dapat menggunakan fitur alamat email ‘sementara’ yang bernama EMAIL ADDRESS GUARD. Fitur ini akan menyediakan anda sebuah alamat email khusus yang akan terhubung dengan alamat email asli anda sehingga anda dapat menggunakan alamat email sementara ini untuk menghindarkan email anda dari serbuan email spam. Email sementara ini dapat anda hapus kemudian apabila memang sudah tidak dibutuhkan lagi.
Cara untuk membuat akun email sementara pada Yahoo Mail adalah:
Login ke akun email Yahoo anda saat ini.
Klik tulisan Opsi > Opsi Mail yang terdapat pada sebelah kiri atas.
Lalu klik Alamat Mudah Buang yang terdapat disebelah kiri (lihat gambar)
5-cara-melindungi-email-dari-spam
Berikutnya anda dapat memasukkan nama email yang anda hendaki, misalnya alamat email anda adalah sapiontel@yahoo.com maka untuk email mudah buang dapat anda gunakan tambahan dibelakangnya misalnya sapiontel-123@yahoo.com (lihat gambar no.1)
5-cara-melindungi-email-dari-spam-2
Kemudian anda akan menentukan folder yang akan digunakan untuk email ‘sementara’ tersebut (gambar no.2). Anda juga dapat memanfaatkan fitur lainnya yang terdapat disana (pada opsi Alamat Yang Diblokir

Fitur Email Filtering Menggunakan Antivirus

Selain cara-cara diatas anda juga dapat menggunakan antivirus yang menyediakan fitur email scanning atau email filtering seperti AVG, Kaspersky, Avast dan sebagainya.

Fitur Email Assassins (Khusus Webhosting)

Bila anda adalah pemilik website, tentunya memiliki setidaknya 1 akun email khusus dengan ekstensi nama website anda. Umumnya inbox pada email hosting anda pun tidak lepas dari email spam. Untuk mencegah atau meminimalisir email spam yang masuk anda dapat menggunakan fitur spam assassins yang terdapat pada Cpanel. Fitur ini bekerja dengan memblok email-email yang diblacklist oleh fitur Spam Assassins tersebut.
Demikianlah informasi mengenai 5 Cara Mencegah Spam Pada Email Anda. Semoga bermanfaat :-)

0 comments:

Poskan Komentar

Follow Me

SPONSOR :

SPONSOR

MUNGKIN YANG ANDA MINATI :

SPONSOR :

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

SaHaRa LaPTOp Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger