SPONSOR

SPONSOR :

Artikel Pulau Moyo, Si Cantik Nan Eksotis


Sebagai negara maritim, Indonesia memang memiliki beragam pulau baik pulau besar maupun kecil. Diantaranya memiliki kekayaan alam dan panorama yang luar biasa seperti yang ada di Pulau Moyo yang terletak satu setengah kilometer di sebelah utara Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.
Pulau Moyo memang bukan pulau besar dan terkenal seperti Pulau Bali atapun Lombok. Namun siapa sangka pulau kecil ini menyimpan panorama alam yang memukau. Meski luasnya hanya sekitar 330 km² dengan ketinggian sekitar 648 m diatar permukaan laut. Pulau ini memiliki beragam hal yang menarik untuk dieksplorasi lebih jauh.

Pulau Moyo dapat ditempuh melalui kota Sumbawa Besar. Dari kota tersebut, wisatawan harus menelusuri sekitar 20 km ke arah utara hingga sampai di pesisir Desa Ai Bari. Dengan menggunakan speedboat, Pulau Moyo dapat ditempuh dengan memakan waktu sekitar 15 menit saja dari desa tersebut.
Pulau Moyo memiliki beragam kekayaan alam mulai dari hutan hujan, hutan bakau serta padang rumput. Selain itu, berkunjung ke pulau ini juga harus siap untuk melihat ratusan kupu-kupu yang berterbangan dan beragam burung serta ikan dan terumbu karang yang luar biasa indahnya.
Wisata alam jelas menjadi pilihan tepat saat berkunjung ke tempat ini. Beragam aktivias mulai dari hiking atau trekking untuk menikmati keindahan hutan hingga snorkling ataupun diving untuk menyelami keindahan bawah laut Pulau Moyo dan akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.
Selain itu, di pulau ini terdapat juga keindahan air terjun Brang Rea. Air terjun yang terletak tepat di tengah pulau dapat dicapai dengan melakukan trekking selama dua jam dari Desa Labuan Haji. Terdapat pula beragam gua yang dapat dijelajahi dengan segala keunikannya.
Beragam keindahan terumbu karang juga terhampar di bawah laut Pulau Moyo. Kegiatan snorkling ataupun diving semakin menarik dengan pemandangan alam bawah laut serta beragam jenis ikan yang tersebar di sekitar Pulau Moyo. Bila beruntung, Anda akan bertemu dengan jenis ikan hiu, anemon, pelagik, belut, gropuers atau manta.
Meskipun keindahan alam Pulau Moyo begitu memukau, tidak banyak masyarakat Indonesia yang tahu keberadaan tempat ini. Surga di Nusa Tenggara Barat ini justru lebih terkenal dikalangan turis mancanegara. Ironisnya, pengelolaan pulau ini pun dipegang oleh pihak swasta. Padahal Pulau Moyo memiliki kekayaan objek wisata Indonesia yang sangat potensial. Eksotime Pulau Moyo juga menghasilkan kecantikan alam yang membuat semua orang terpana akan keindahannya.

0 comments:

Posting Komentar

Follow Me

SPONSOR :

SPONSOR

SPONSOR :

 

SaHaRa LaPTOp Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger