SPONSOR

SPONSOR :

Artikel Terpesona Keindahan Kawah Ijen


 

Di sebelah timur Pulau Jawa tepatnya di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi Jawa Timur terdapat sebuah gunung yang memiliki keunikan di puncaknya. Selain itu, lokasinya yang terletak di dua kabupaten yakni Bondowoso dan Banyuwangi juga menjadi keunikan tersendiri dari kekayaan alam Indonesia ini.
Adalah Gunung Kawah Ijen yang memiliki ketinggian sekitar 2.443 meter diatas permukaan laut. Gunung yang kaya akan sulfur belerang ini memiliki keunikan dengan adanya kawah di puncaknya. Kawah yang lebar dan dalam tersebut diklaim sebagai salah satu danau kawah terbesar di dunia.

Kawah gunung ini pun semakin unik karena warnanya yang hijau. Oleh karena itu gunung ini dinamakan Gunung Kawah Ijen mengingat puncaknya yang berkawah dan berwarna hijau. Kawah gunung ini pada dasarnya terbentuk secara alami akibat beberapa letusan dahsyat di masa lalu. Tercatat sebanyak empat kali pada tahun 1769, 1817, 1913, dan 1936 gunung ini pernah meletus.
Sebelum menikmati keindahan Kawah Ijen, para pelancong akan disuguhkan dengan indahnya pemandangan menuju ke Kawah Ijen. Gugusan kebun kopi yang berada di lereng gunung serta udara sejuk dari hutan cemara menjadi pengalaman tersendiri dalam perjalanan. Tak lupa juga terdapat air terjun banyupahit yang memiliki rasa pahit karena mengandung air belerang.
Untuk mencapai pada bibir kawah di puncak gunung, wisatawan harus mendaki sekitar 8 jam perjalanan. Rasa lelah akibat pendakian langsung terbayar ketika sampai di puncak kawah yang memiliki pemandangan luar biasa. Kubangan berwarna hijau toska di dalam kawah seluas 54 hektar menjadi pemandangan indah di puncak gunung. Pemandangan ini dihiasi oleh beberapa titik kepulan asap belerang yang cukup menyengat.
Mengunjungi Kawah Ijen akan lebih menarik antara bulan Agustus hingga September. Pada bulan-bulan ini, pemandangan kawah semakin menarik dengan deretan edelweis kuning dan putih yang mekar di sepanjang lereng Gunung Kawah Ijen.
Mengingat tingginya kandungan belerang di gunung ini, masyarakat biasanya melakukan aktifitas penambangan di sekitaran lereng kawah. Penambangan belerang ini memang menjadi aktivitas yang kerap dilakukan sebagai mata pencaharian masyarakat setempat.
Menikmati Kawah Ijen dari puncak Gunung Kawah Ijen memang sangat indah. Kawah hijau dihiasi dengan kabut asap belerang menjadi daya tarik dan ciri khasnya tersendiri. Ditambah sensasi dingin udara setempat memberikan sensasi tersendiri saat menikmati keindahan kawah. Selain itu, dari puncak Gunung Kawah Ijen dapat terlihat Gunung Merapi secara jelas mengingat letaknya yang berdekatan.
Gunung Kawah Ijen memang memiliki pesonanya tersendiri. Keindahan kawah serta panorama sekitar yang mempesona menjadi ciri khas tersendiri.Selain indah, kandungan sulfur yang ada pada gunung ini menjadi anugrah bagi masyarakat sekitar Gunung Kawah Ijen.

0 comments:

Posting Komentar

Follow Me

SPONSOR :

SPONSOR

SPONSOR :

 

SaHaRa LaPTOp Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger