SPONSOR

SPONSOR :

Belajar Membuat Blog Gratis di WordPress sahara laptop.

WordPress adalah sebuah platform untuk blog selain blogger yang sering digunakan para blogger. Infodari.com kali ini akan mengajak anda untuk belajar membuat blog gratis di wordpress. Membuat blog di wordpress juga mudah kok, tidak usah khawatir. Oke, sekarang kita lihat bersama bagaimana cara membuat blog gratis di wordpress. Dibawah ini kita akan belajar bagaimana membuat blog di wordpress dan mengikuti langkah-langkah membuat blog di wordpress.
Jika di blogger.com, anda dapat merubah url blog anda kapan saja, di wordpress anda tidak bisa melakukannya. Maka dari itu, di wordpress, anda harus memilih nama yang akan dijadikan url anda dengan lebih hati-hati.
Oke, sekarang langsung saja kita lihat, bagaimana cara membuat blog di wordpress.
1. Anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk memiliki sebuah akun di wordpress dengan mengakses link http://wordpress.com. Tampilan defaultnya menggunakan bahasa Inggris. Anda bisa mengubah setting bahasa menjadi bahasa indonesia dalam tab “preferred language”.
;
tombol “Get Started Here” jika anda menggunakan bahasa inggris. Atau klik “Daftar Sekarang” jika anda sudah menggunakan bahasa Indonesia.
2. Isi kolom isian yang harus anda isi.

. Isikan alamat blog yang anda inginkan. Jika anda menggunakan wordpress gratis, maka pilih tab disebelah kanan alamat blog dengan *wordpress.com”.
b. Isikan nama pengguna
- Isikan kata sandi, dan tulis ulang kata sandi anda di kolom konfirmasi.
c. Isikan alamat email anda.
d. Pilih bahasa yang akan anda gunakan dalam blog anda.
e. Jika sudah selesai, klik tombol “Sign Up”.
3. Saatnya anda aktifkan akun wordpress anda. Cek email konfirmasi dari wordpress di email anda. Caranya:
a. Login terlebih dahulu di email yang anda daftarkan di wordpress.
b. Kemudian buka email dari wordpress.
c. Klik link yang diberikan untuk mengaktifkan akun wordpress anda. Kemudian akan diberikan form isian untuk mengisi identitas yang diminta. Isi profil anda. Isikan nama depan, nama belakang, dan tentang anda di kolom yang tersedia. Jika sudah klik “Simpan profil”.
Anda punya waktu 2 hari untuk mengaktifkan blog baru anda.
4. Jika anda sudah selesai, maka anda akan langsung dihadapkan pada dashboard wordpress baru anda. Untuk memulai membuat post, silahkan anda klik tab “tulisan” yang terletak di sebelah kiri layar anda. Kemudian klik tombol “Tambahkan baru” untuk membuat post anda yang baru.
5. Mulailah membuat post pertama anda. Pertama kalinya, wordpress memberikan postingan pertama dengan judul Hello World. Anda bisa menghapusnya atau mengeditnya.
a. Beri judul post anda di kolom Judul.
b. Tulis isi post anda di kolom tulisan.
c. Jika anda ingin membuat beberapa kategori pada blog post anda, silahkan klik “+ tambahkan kategori baru”, kemudian isikan kategori yang anda inginkan. Anda juga bisa membuat sub kategori, Jangan lupa centang kategori post yang sudah anda buat.
d. Jangan lupa menuliskan kata kunci yang anda gunakan dalam post yang anda buat di kolom Tags sebelah kanan layar. Kata kunci ini akan berpengaruh pada pencarian di search engine seperti google, yahoo, bing, dan search engine lainnya. Jadi pilihlah kata kunci yang tepat, yang banyak dicari orang. agar pengunjung blog anda bisa berjumlah banyak.
e. Jika anda ingin melihat tampilan post anda di blog sebelum diterbitkan, klik “Pratampil”.
f. Jika anda ingin menyimpan post anda sebelum diterbitkan menjadi draft, maka klik “Simpan konsep”.
g. Jika anda telah selesai menulis post dan ingin segera menerbitkannya dalam blog anda, klik “Terbitkan”.
h. Jika anda telah selesai, anda bisa keluar atau sign out dari akun anda demgan meng-klik tombol di sebelah kanan atas layar
i. Lihat tampilan blog baru. Alamat url baru blog yang baru saja dibuat diatas menjadi : http://vicinfo.wordpress.com
j. Jika anda ingin mengakses kembali blog anda dengan menulis post atau aktifitas lainnya, anda harus login kembali ke akun wordpress anda menuju ke dashboard blog anda dengan mengakses url: http://vincinfo.wordpress.com/wp-admin. Atau bisa juga dengan mengakses wordpress.com langsung, lalu login di bagian paling atas kiri. Atau atau bisa juga melalui  sidebar – meta – masuk log (login). Silahkan masukkan nama pengguna dan password anda.
Sebenarnya platform wordpress telah digunakan oleh banyak penyedia layanan blogging gratis. Seperti di indonesia ada blogdetik.com yang menyediakan layanan blog gratis menggunakan platform wordpress. Cara penggunaannya akan sama seperti yang anda gunakan dalam wordpress.com. Jika anda mendaftar di blogdetik.com, maka alamat blog anda akan menjadi, contoh: mixnews.blogdetik.com. Dan masih banyak lagi tempat membuat blog gratis lainnya dengan berbagai platform blogging lainnya. Nah, di infodari.com anda juga bisa belajar membuat blog gratis di blogger atau blogspot.
Nah, itulah dia langkah-langkah bagaimana cara membuat blog gratis di wordpress. Kini anda mengetahui bagaimana cara membuat blog, dan dengan sendirinya anda belajar membuat blog dengan mengikuti langkah-langkah membuat blog diatas. Cukup mudah kok. Berikutnya anda tinggal mempelajari bagaimana teknik dalam blogging yang baik agar blog anda semakin berkembang dan semakin menarik. Jadi jangan putus asa, terus belajar dan belajar lagi. Baca juga nanti di artikel berikutnya, infodari.com akan berbagi ilmu tentang tips membuat blog. Happy blogging!!!
     

0 comments:

Poskan Komentar

Follow Me

SPONSOR :

SPONSOR

MUNGKIN YANG ANDA MINATI :

SPONSOR :

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

SaHaRa LaPTOp Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger